Saturday, October 11, 2014

Cara Pemijahan Ikan Hias Koi Terbaru


Ikan Koi termasuk jenis ikan hias eksotis yang cukup digemari oleh masyarakat. Ikan koi memiliki pesona warna yang sangat menarik selain itu konon memelihara ikan koi juga dapat mengurangi stres. Karena itulah budidaya ikan koi bisa menjadi lahan bisnis yang mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan. Bahkan ada juga harga ikan koi yang mencapai jutaan rupiah. Mengenai cara budidaya ikan hias koi tidak terlalu sulit dan berikut ini adalah cara lengkap untuk membudidayakan ikan koi.
  • Kolam Untuk Pemijahan
Untuk luas kolam pemijahan cukup bervariasi. Jika kolam pemijahan sempit dapat menggunakan kolam dengan luas 3-6 m² dengan kedalam kurang lebih 0,5 m. Lokasi kolam pemijahan juga harus cukup mendapat sinar matahari, jauh dari jangkuaan anak-anak dan suasananya tenang mengingat ikan koi mudah stres. Jika memungkinkan anda juga bisa menyediakan kolam penetasan telur dan perawatan benih. Untuk kolam penetasan bentuknya bisa persegi panjang atau bulat dengan diameter antara 1,5 – 2 m.
  • Seleksi Indukan
Dalam budidaya ikan hias koi perang indukan sangat penting. Syarat utama dari indukan yang baik adalah calon indukan tersebut harus sudah matang baik kelamin dan tubuh. Matang secara kelamin berarti indukan jantan sudah menghasilkan sperma dan indukan betina sudah menghasilkan telur. Matang secara tubuh berarti fisik ikan indukan sudah siap menjadi indukan dan dalam kondisi fisiknya juga harus baik. Usia indukan jantan minimal 2 tahun sedangkan indukan betina minimal 3 tahun.
  • Pelaksanaan Pemijahan
Ikan indukan dimasukkan sekitar pukul 16.00 dan akan mulai memijah pada tengah malam. Normalnya pemijahan akan selesai pada pagi hari dan indukan harus segera dipisah dari telurnya karena telur tersebut bisa dimakan oleh indukannya. Dalam budidaya ikan hias koi ada dua cara untuk memindahkan telur hasil pijahan tersebut yaitu dengan memindahkan indukan dari kolam pemijahan dan biarkan telur tersebut tetap disitu sampai menetas. Cara kedua adalah dengan memindahkan telur tersebut ke dalam kolam penetasan.

No comments:

Post a Comment