Monday, October 6, 2014

Pakan Alami Buat Kelinci Terbaru

Pakan Alami Yang Aman Buat Kelinci seperti sayuran, rerumputan, biji-bijian, dan buah-buahan adalah makanan yang sangat tepat sekali asal jangan sampai yang mengandung pestisida atau racun yang dapat membunuh kelici tersebut, karena banyak kejadian salah-salah dalam memberikan pakan terhadap kelinci ini mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Pakan Alami Buat Kelinci


Selain tidak mengadung pestisida, makanan kelinci juga jangan yang memiliki banyak getah, jangan  yang terlalu banyak mengandung air, jangan yang terlalu keras, dan jangan juga yang terdapat duri-duri yang dapat meruksak rahang dan tenggorokan nya.
Sebuah penelitian SITORUS (1982) mengatakan kalau makanan kelinci terbaik adalah pakan alami hijau-hijauan, seperti : sintrong, rerumputan dari lapangan, jukut loseh, babadotan lalakina, daun pisang, daun ubi jalar, daun wortel, daun singkong, lamtoro, daun turi, kubis, dan kangkung.
Selain itu sebuah penelitian mengatakan kalau pemberian rumput lapangan dan ketela rambat adalah pakan hijau yang sangat baik buat pakan kelinci karena rumput lapangan dan ketela rambat adalah pakan kelinci yang sangat sedikit mengandung air sehingga sangat cocok buat kelinci. Sedangkan buat daerah perkotaan yang kesulitan mendapatkan rumput lapangan dan ketela rambat, alternatif lain yaitu bisa menggunakan daun wortel yang kandungan air nya juga sedikit.
Untuk  mencegah dan mengurangi timbulnya penyakit pada kelinci, makanan yang akan di berikan sebaiknya jangan yang terlalu segar, sebaiknya di layukan terlebih dahulu apalagi jika makanan tersebut mengandung banyak air, karena jika makanan yang mengandung banyak air akan mengakibatkan kelinci mencret dan kembung.
Sedangkan untuk makanan yang mengandung banyak getah bisa di lakukan pencacahan terlebih dahulu atau memotong nya kecil-kecil, dan penyebab dari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung getah itu dapat mengakibatkan kelinci gatal-gatal yang tentunya akan mengundang penyakit lain.

1 comment:

  1. Banyak jenis makanan kucing beredar di pasaran. Semua ada plus minusnya. Sebaik-baiknya makanan kucing sih daging alami ya, baik yang mentah atau yang direbus. Menurut saya sih. Karena kucing itu ka dilahirkan sebagai binatang karnivora. Makanan karnivora ya daging, ikan, unggas. Ingat kan pelajaran SD dulu. Kibbles alias biskuit kucing emang praktis. Dibuat dengan aneka jenis bahan. Karenanya kadang ada ga cocoknya juga. Jasa Penulis Artikel

    ReplyDelete