Saturday, October 18, 2014

Tips Cara Ternak Burung Kenari

Di indonesia, animo pecinta burung kenari semakin tinggi. Tiap hari tiap bulan jumlahnya selalu bertambah. Salah satu jenis burung kicau yang juga terkenal di beberapa negara bagian ini popularitasnya tidak bisa diragukan lagi. Hal ini mengakibatkan peluang usaha untuk beternak kenari juga semakin terbuka lebar. Meskipun tidak bisa dibilang mudah, beternak kenari juga butuh keahlian khusus. Namun bagi para pecinta kenari, mereka bersedia melakukannya dengan sepenuh hati, tentu saja demi kepuasan hobi burung kicau.

Sebenarnya apakah yang menarik dari beternak kenari hingga orang-orang rela bersusah payah? Jawabannya tentu saja karena burung kenari memiliki ciri khas bentuk tubuh yang berwarna-warni. Selain itu kicauan kenari juga indah, nyaring bahkan sangat merdu. Sehingga tak jarang orang bersedia jatuh bangun dalam beternak kenari.



Jenis-jenis Kenari

Salah satu cara agar anda bisa sukses dalam beternak kenari adalah dengan mengetahui jenis-jenis kenari. Burung kenari yang ada sekarang ini secara umum terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Kenari Warna (Colorbred Canary)
Jenis kenari ini digolongkan berdasarkan warna bulunya. Banyak peternak yang coba-coba untuk menghasilkan kombinasi warna dari persilangan jenis kenari ini. Dengan bentuk postur yang relatif kecil, sebagian dari mereka juga mengeksplor suaranya dan tak jarang ada yang memenangkan perlombaan. Beberapa jenis kenari ini antara lain, kenari kuning, kenari merah, kenari putih, dan lain-lain.

Kenari Postur (Type Canary)
Jenis kenari ini digolongkan berdasarkan postur tubuh. Biasanya kenari postur lebih dikhususkan untuk keperluan lomba. Kenari yang ikut lomba dinilai berdasarkan keindahan vokal suara dan bentuk postur tubuh yang kekar. Beberapa jenis kenari ini antara lain kenari yorkshire, kenari lancashire, kenari norwich dan mas
ih banyak lagi.

Kenari Penyanyi (Song Canary)
Jenis kenari ini biasanya digolongkan berdasarkan kualitas suara. Kenari jenis ini biasanya bisa menyanyikan beberapa tangga lagu. Dengan suara yang sangat merdu dibanding yang lain, para peternak kenari biasanya menyilangkan beberapa jenis kenari untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih super, tentu saja untuk keperluan lomba. Beberapa jenis kenari ini antara lain waterslager roller, timbrado dan persian singer.

Kenari Hibrid (Hybrid Canary)
Jenis kenari ini biasanya dihasilkan dari beberapa persilangan. Para peternak kenari memilih dan menyilangkan kenari unggulan untuk mendapatkan jenis kenari hibrid yang sesuai dengan permintaan pasar. Untuk masing-masing peternak yang sudah ahli biasanya memiliki metode-metode tertentu untuk mendapatkan peranakan kenari yang diinginkan.

Tips cara beternak kenari

Bagi sebagian orang, mungkin hal yang paling sulit saat beternak kenari adalah cara pemeliharaannya. Salah satunya adalah pemeliharaan kandang kenari. Kandang kenari merupakan salah satu komponen beternak yang penting. Tidak sedikit proses pembuatan dan pemeliharaan kandang yang keliru dapat berakibat burung kenari mati karena hama semut, rayap, bahkan tikus. Sehingga bentuk, ukuran, dan lokasi penempatan kandang haruslah benar-benar diperhatikan.

Beternak kenari sudah barang tentu membutuhkan jenis makanan burung yang khusus. Jenis makanan harus benar-benar diperhatikan. Tambahan asupan gizi dan vitamin biasanya juga rutin diberikan agar kenari sehat dan tetap dalam kondisi fit.

Hal penting yang juga musti diperhatikan dalam beternak kenari adalah kesehatannya. Lingkungan burung kenari harus senantiasa terjaga dan jauh dari segala hal yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Suntikan antibiotik bisa jadi alternatif untuk pencegahan penyakit. Selain itu, tentunya yang tak kalah penting adalah kebersihan burung dan kandang. Memandikan burung haruslah secara teratur. Kandang juga harus rutin dibersihkan dari segala kotoran.

No comments:

Post a Comment