Monday, September 29, 2014

Budidaya Ikan Lele Dumbo


Lele dumbo adalah jenis lele yang prospek keuntungannya lumayan besar karena cara budidayanya yang mudah dan banyaknya permintaan ikan tersebut. Namun untuk budidaya ikan ini harus benar benar telaten dan sabar agar hasilnya memuaskan. Untuk CARA BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO ini ada beberapa hal yang harus di lakukan antara lain yaitu sebagai berikut:


A.PERSIAPAN
  1. Buatlah kolam dengan dasar beton, dengan ukuran kurang lebih 10x8 meter dengan kedalaman 1,2 meter.
  2. berilah 2 lubang saluran air, yang terbuat dari bambu atau paralon, dan buatlah lubang untuk saluran masuk dan saluran keluar untuk menguras kolam 2/3 bagian permukaan kolam tertutup dengan anyaman bambu dengan renggang 3 cm, agar kolam terkena sinar matahari dan ikan tidak mudah lompat.
  3. kolam ditaburi dengan pupuk kandang, agar timbul tumbuhan tumbuhan kecil dan microba dan hewan kecil yang nantinya untuk makanan lele tersebut.
  4. Biarkan pupuk kandang mengering selama 5 hari setelah menjadi kompos baru kolam dialiri air.
B. PELAKSAAN.
  1. Taburi benih lele pada pagi hari kedalam kolam, dengan kepadatan 50 benih pertiap meter, untuk bibit umur 3 minggu dengan ukuran panjang 5 sampai 8 cm.
  2. Untuk makanan dapat menggunaka makanan alam yang berupa tanaman air dan binatang air, dan dapat juga untuk tambahan nutrisi dapat berupa bangkai, sisa daging, kotoran
  3. Untuk mencegah penyakit berikan makanan dari bekatul yang dicampur dengan antibiotik (tetracylin) dengan dosis 2 cc untuk 15 gram berat lele.
  4. Untuk penambahan vitamin, berilah makanan berupa daun-daunan seperti daun pepaya atau kangkung yang dipotong-potong.
  5. Untuk pengobatan lele yang sakit, rendamlah lele dengan larrutan metalin blue 1%
  6. Untuk pemberantasan hama dalam kolam, keringkan kolam sebulan sekali, dan semprot dengan larutan kolalium termagma.
C. PANEN.
Pengumutan hasil panen dapat dilakukan dengan cara mengeringkan kolam atau dijaring. Panen dapat dilakukan seetelah lele berumur kurang lebih 6 bulan setelah penebaran bibit.

No comments:

Post a Comment