Monday, September 29, 2014

Dalam Budidaya Ikan Lele Hal Harus Di perhatikan

Ada beberapa Hal Paling Penting Dalam Budidaya Ikan Lele ini yang biasa di lewatkan oleh para peternak ikan lele, dan hal tersebut biasa di anggap sepele dan tidak penting padahal hal tersebut sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan di dapatkan nya dalam beternak ikan lele ini. -



Kandungan protein yang terdapat pada ikan lele ini disinyalir telah menghipnotis para pecandu daging khusus nya, sehingga kebutuhan pasar akan daging ikan lele ini terus meningkat tajam dan membuat para peternak kewalahan dan kebanjiran pesanan. 

Hal terpenting yang harus di perhatikan yaitu :
supaya para peternak pemula tidak mengalami kegagalan dalam budidaya ikan lele ini, karena tidak sedikit orang yang gulung tikar dalam usaha ini  dan kebanyakan di alami oleh para pemula yang beluam paham atau belum jelas bagai mana cara budidaya itu. -
1. Pengairan
Meskipun ikan lele dapat berkembang di air yang bagai mana pun, tapi air ini perlu di perhatikan minimal 2 minggu sekali air yang terdapat pada kolam ikan anda harus di ganti dan cara nya tidak usah di ambil ikan lele nya tapi dengan cara di buang saja air yang ada melalui saluran pembuangan nya sambil di masukan air yang baru.
Hal ini kadang kala tidak di perhatikan oleh para peternak dan mereka hanya berpikir sekilas yaitu lele hidup nya bandel tenang saja di air yang bagai mana pun ikan lele tidak akan mati, dan hal itu memang benar karena lele menyukai air yang keruh dan kotor  tapi untuk budidaya lain lagi, karena kita usaha, jika kolam air tidak pernah di ganti memang ikan lele tidak akan mati tapi pertumbuhan nya yang telat.
2. Bibit ikan lele
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus pintar memilih bibit pilihlah bibit yang sehat dan tidak cacat. Dan saran saya sih untuk mendapat kan bibit yang berkualitas ini harus membelinya di tempat peternakan yang betul-betul di percaya jangan asal bibit saja karena jika asa-asalan saya jamin hasil nya pun tidak akan sempurna maka dari itu cari bibit yang benar-benar berkualitas tinggi jika anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna.
3. Makanan ikan lele
Untuk menjaga supaya tidak kanibal, sebaik nya pola makan nya di atur sedemikian rupa yaitu bisa 2 kali sehari dan bisa juga 3 kali sehari tergantung kebutuhan saja,namun yang paling penting memberi pakan ikan lele ini jangan terlalu pagi karena permukaan air masih terdapat beberapa zat yang merugikan, jadi usahakan memberi makan nya di mulai setelah jam 9 pagi karena jam 9 permukaan air nya sudah tersinari matahari dan zat-zat yang merugikan nya itu sudah di serap oleh sinar matahari.
4. Pakan tambahan
Untuk menjaga kesehatan ikan lele selalu terjaga dengan baik, sebaik nya anda juga harus rutin memberi nya makanan tambahan yang ber nutrisi dan ber vitamin, salah satu nya bangkai ikan, ikan asin dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment