Monday, September 29, 2014

Pemberian Pakan Ternak Ikan Lele

Untuk menjaga kesehatan ikan lele agar tumbuh dengan baik, kita harus memahami Tata Cara Pemberian Pakan Ternak Ikan Lele nya terutama saat usia ikan lele masih sangat kecil atau masih masuk kedalam kategori benih atau bibit, karena dalam masa itu adalah masa yang masih sangat rentan dan rawan terhadap serangan berbagai macam penyakit.



Waktu pemberian pakan
Untuk  mengatur pemberian pakan ini sebaik nya di jadwal yaitu pagi, siang dan sore hari, selain itu pemberian pakan jangan terlalu pagi karena menurut beberapa peneliti pemberian pakan yang terlalu pagi itu tidak baik karena sebelum jam 9 pagi permukaan kolam itu tercemar oleh beberapa zat yang merugikan, jadi pemberian pakan untuk ternak lele ini sebaik nya di lakukan setelah jam 9 sembilan dengan tujuan agar pencemaran yang terdapat pada permukaan kolam tersebut sudah menguap oleh sinar matahari.
Persiapan pemberian pakan
Agar ikan lele rakus dalam pola makan nya sebaik nya sebelum pelet di berikan bibis terlebih dulu pelet nya atau basuh dulu pelet nya dengan menggunakan air yang hangat dengan tujuan agar pelet dapat mengembang, selain itu jika lele sering mangkonsumsi pelet yang kering itu tidak baik untuk kesehatan lele tersebut karena pelet yang kering itu akan mengembang di dalam perut nya dan akan mengakibatkan kematian.
Cara  pemberian pakan
Cara pemberian pakan pelet apung yang benar yaitu dengan cara menebar pelet yang sudah di persiapkan dengan merata ke seluruh permukaan kolam. Sehingga ikan lele tidak berebut dan usahakan pemberian pakan ini harus dengan takaran yang tepat dan sesuaikan dengan isi atau jumlah ikan lele yang terdapat pada kolam tersebut.
Sedangkan untuk pelet yang tenggelam yaitu dengan cara yang berbeda, bila pelet apung dengan cara di tebar di seluruh permukaan kolam, pelet tenggelam tidak begitu yaitu dengan cara di tebar atau di simpan pada satu titik yang berbeda, begitu pula dengan pemberian pakan untuk benih ikan atau bibit yaitu dengan cara menebar cacing di titik-titik tertentu.
Jika memberi pakan tambahan seperti bangkai ayam, sebaik nya jangan langsung cebur saja tapi harus di proses terlebih dulu yaitu dengan di rebus dulu untuk menghilangkan bulu nya, selain itu cara pemberian pakan nya dengan cara di gantung dan di tenggelam kan ke dalam kolam ikan lele nya.

No comments:

Post a Comment